Kamis, November 08, 2012

Semenjak Aku Tahu


Sahabat senja, apa kabar? Semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin. Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Kali ini aku ingin menceritakan beberapa hal yang menurutku sangat menarik sekali untuk dibahas.
Suatu senja, seorang anak berinisial AH menikmati akhir harinya di pantai utara. Sangat menyejukkan dan menyenangkan memang bila kita dapat menikmati akhir hari kita di pantai. Angin yang sepoi-sepoi, ombak yang berdebur seperti bertasbih memuji Allah, pohon-pohon kelapa yang menari melambai-lambaikan daunnya.. AH merenungkan segala hal yang telah ia lakukan di hari itu dan hari-hari kemarin, merenungkan apa yang akan ia perbuat dan perbaiki di hari-hari mendatang.
Hari itu, AH bercerita kepada saya dan kali ini akan saya ceritakan kepada kalian. Sahabat, tahukah kalian tentang bintaro? Atau malah belum pernah mendengar namanya? Pernah mendengar tapi belum tahu itu nama apa? Sahabat, kuberitahu kalian mengenai bintaro ini. Bintaro adalah nama sebuah pohon, pohon ini menghasilkan buah berwarna hijau mengkilap dan berbentuk bundar setelah saya cari artikel-artikel mengenai bintaro ini ternyata buah bintaro adalah salah satu buah yang beracun dan biasanya digunakan sebagai bahan campuran pada racun tikus. Sahabat, semenjak aku tahu bentuk pohon bintaro ini ternyata di lingkungan kampusku terdapat banyak sekali pohon ini, jumlahnya bisa dikatakan sekitar 30-an tapi aku tidak tahu macam-macam jenis apa saja dari bintaro yang ada di kampus.
Sahabat senja, dari situ juga dapat kita ambil suatu pelajaran bahwa semenjak kita tahu atau paham mengenai suatu hal maka kita akan sadar bahwa banyak sekali hal tersebut terdapat di lingkungan sekitar kita. Contoh kecilnya adalah sebagai manusia yang ada di bumi, kita diberi kecerdasan oleh Allah untuk mampu membaca, mendengarkan, melihat dan lain-lain, oleh karena itu tiada hari tanpa berita, di koran-koran, di televisi, di radio pasti ada–ada saja berita yang disajikan untuk kita. Apalagi akhir-akhir ini seringkali terdengar berita tentang maraknya pembantaian umat muslim di belahan dunia lain, di suriah, di palestina, di turki, di libya, dan di negara-negara yang lain, dari situlah jika kita sering banyak membaca dan mendengar berita maka kita akan tahu bahwa terdapat banyak hal yang belum kita ketahui dan banyak hal yang harus kita ketahui.
Sahabat senja, hal yang lainnya misalkan semenjak aku tahu wujud dari pohon talas, ternyata aku juga melihat bahwa di kampusku pun juga ada banyak, sekitar 7-an jumlahnya. Semenjak aku tahu dan memperhatikan melati aku jadi tahu bahwa di kampusku juga terdapat tanaman melati. Begitu pula dengan salah satu hal penting berikut ini sahabat, semenjak aku tahu bahwa berkerudung itu memang kewajiban umat muslimah maka kita akan melakukan hal itu dengan hati yang ikhlas dan rela. Jadi semakin banyak hal yang kita tahu, maka kita akan semakin mengerti banyak hal pula. Semakin kita tahu banyak hal, maka kita akan semakin pandai menyikapi banyak hal, selain itu juga kita akan mendapat keuntungan diangkat derajat oleh Allah karena kita termasuk orang-orang yang beriman dan berilmu.


follow me @qhimahatthoyyib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar