Kamis, Januari 10, 2013

Antara Sederhana dan Ketidakteraturan


            Assalamu’alaikum sahabat senja, apa kabar iman kita hari ini? Semoga selalu dapat istiqomah dan terus meningkat yaa..
Topik nikmat kali ini adalah mengenai sederhana dan tidak teratur. Sahabat adakah yang tahu hubungan antara sederhana dan ketidakteraturan?? Saat mendengar kata Sederhana dan Tidak Teratur sekilas terlihat sangat tidak berhubungan, namun ternyata dua kata ini mempunyai hubungan yang sangat erat. Ternyata hubungan erat dua kata ini dapat dilihat dalam kehidupan kita sehari-hari.
Dalam disiplin ilmu KIMIA bab TERMODINAMIKA yang saya tekuni, kata “Ketidakteraturan” merupakan arti dari kata “Entropi”. Definisi statisis dari Entropi yaitu merupakan derajat kekacauan suatu sistem, semakin besar nilai entropi suatu sistem maka perubahan dalam sistem tersebut akan terjadi secara spontan artinya pembentukan produk dalam sistem tersebut akan lebih cepat terbentuk dibandingkan dengan reaksi yang tidak spontan alias mempunyai derajat ketidakteraturan lebih rendah. Jika reaksi yang terdapat dalam sistem tersebut merupakan sistem terkecil dari kehidupan yang lebih luas, maka itu berarti perilaku tersebut juga terjadi dalam kehidupan nyata di sekitar kita.
Sahabat, pernahkah kita terheran-heran dengan seorang teman kita yang super sibuk seolah tak ada waktu untuk bermain? Tentu saja ada orang yang seperti itu di sekitar kita. Saat membayangkannya, terkadang kita merasa kasihan melihat teman tersebut tetapi ternyata kita salah besar! Orang sukses justru terlahir dari orang-orang yang super sibuk seperti itu. Apa sebabnya? Berikut ini analisisnya :
Analisis ini berasal dari ulasan dosen mata kuliah termodinamika saya saat semester 3. Dosen saya ahli di bidang organik dan biokimia, dengan inisial nama SR. Jadi penjelasannya begini, saat seseorang sebut saja Anton adalah contoh manusia yang super sibuk, ia seorang mahasiswa, pengusaha dan organisatoris. Jadwalnya sangat padat, dari ahad sampai sabtu selalu ada kegiatan, list kegiatan dan tugas yang harus ia lakukan penuh dan sangat banyak, ia hanya punya sedikit waktu untuk bermain dan istirahat bahkan ia harus menjadwalkan kapan ia harus mengunjungi orang tuanya karena tidak bisa sewaktu-waktu pulang ke rumah.
Begitulah contoh sistem yang sangat tidak sederhana, tapi sahabat tahukah engkau bahwa ia sangat teratur menjalani hidupnya. Jika tiba saatnya makan ia makan, tiba waktunya sholat ia sholat, waktunya rapat ia rapat, waktu mengerjakan tugas ia mengerjakan tugas, waktunya pulang ia pulang, waktunya bermain ia bermain, hingga tak ada jadwal yang terlewatkan, semua dilakukan dengan baik, fokus dan sempurna. Jika ada jadwal yang tidak telaksana, ia gunakan untuk istirahat tambahan sesaat. Maka seperti yang sekarang kita bayangkan, pada akhirnya apapun yang dilakukan Anton akan menyebabkan ia menjadi orang sukses, kegiatannya memiliki nilai entropi yang sangat rendah sehingga reaksinya lebih spontan dan ia akan cepat membentuk produk alias menjadi orang sukses.
Jadi begitulah yang bisa saya bagikan hari ini. Sahabat, bandingkan kegiatan Anton dengan para pengangguran. Orang yang menganggur a.k.a mempunyai kegiatan yang sangat sederhana, ia akan bingung mengisi hari-harinya dengan kegiatan apa. Ia bisa makan kapan saja, bisa bermain kapan saja, bisa belajar kapan saja, hidup tidak teratur, akhirnya jatuh sakit karena makan tidak teratur, akibat lain ia akan banyak bermain dan mengerjakan kegiatan tak produktif lainnya sehingga kegiatan tersebut memiliki nilai entropi yang sangat tinggi dan ia sedikit menghasilkan produk, maka ia tidak akan menjadi orang sukses.
Itulah sahabatku perbandingan dan hubungan antara kesederhanaan dan ketidakteraturan. Semakin tak sederhana maka seseorang akan semakin teratur menjalani hidupnya sehingga ia akan lebih produktif dibandingkan sistem/kegiatan yang sangat sederhana dan tidak teratur.
Sahabat, pelajaran yang dapat kita ambil dari ini adalah SELAMA MASIH MUDA DAN SELAMANYA KITA HARUS MENJADI SISTEM YANG TERATUR AGAR DAPAT MENGHASILKAN PRODUK LEBIH BANYAK DAN BERMANFAAT ^_^


follow me @qhimahatthoyyib

3 komentar:

  1. Semakin tinggi entropi artinya semakin tidak teratur kan? Kok berbeda yaa dengan tulisan di atas :)

    BalasHapus
  2. terimakasih komentarnya, ternyata ada sedikit kata-kata yang salah, barusan sudah saya ganti.. :D

    BalasHapus