Kamis, Januari 10, 2013

Berpasangan = Identik Tapi Tak Serupa


       Assalamu’alaikum sahabat semua, selamat senja.. Senja ini ada satu hal yang ingin saya ceritakan kepada sahabat senja semua di muka bumi ini. Kira-kira apa yang sahabat pikirkan tentang kata “Pasangan”? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pasangan berarti : 1yg selalu dipakai bersama-sama sehingga menjadi sepasang: mana ~ sepatu ini?; 2seorang perempuan bagi seorang laki-laki atau seekor binatang betina bagi seekor jantan atau sebaliknya: mana ~ menarimu?; 3 salah satu dr dua organ tubuh yg berpasangan;  4 yg merupakan pelengkap bagi yg lain. Dari definisi tersebut kita tahu apa yang dimaksud dengan kata pasangan. Dalam bahasa arab ‘pasangan’ diartikan juga sebagai ‘yang menjadi satu’. Jadi dari definisi tersebut kita tahu bahwa pasangan bukan terdiri dari dua hal yang sama.
       Ada hal menarik yang ingin kuceritakan kepada sahabat semua tentang pasangan. Pasangan bukan hanya tentang hitam-putih, tua-muda, pria-wanita dan sebagainya namun ternyata dalam suatu partikel terkecil bernama atom pun Allah sudah menciptakan sebuah pasangan. Mau tahu ceritanya?? Jadi begini, Pernah dengar kata ‘Konfigurasi elektron? Diagram tingkat energi? Aturan Hund? Prinsip Aufbau? Asas Larangan Pauli?’
Konfigurasi Elektron merupakan cara penulisan elektron dari suatu atom pada orbital dari tingkat energi terendah sampai selanjutnya. Dalam penulisan ini, terdapat berbagai aturan seperti aturan hund, asas aufbau, asas larangan pauli.
Aturan Hund berbunyi bila terdapat orbital-orbital yang berenergi sama maka elektron-elektron mengisi orbital-orbital berbeda tersebut dengan satu elektron terlebih dahulu dan dengan spin yang parallel.
Prinsip Aufbau menyebutkan electron-elektron akan mengisi orbital yang energinya lebih rendah terlebih dahulu.
Asas Larangan Pauli menyatakan bahwa tidak ada dua elektron yang memiliki bilangan kuantum yang sama. Jadi bila n, l, dan ml kedua elektron semuanya sama, ms haruslah berbeda, sehingga kedua elektron tersebut memiliki spin berlawanan. Secara lebih umum, tidak ada dua fermion identik (partikel dengan spin pecahan) boleh menduduki keadaan kuantum yang sama secara bersamaan.
Dengan aturan-aturan seperti itu, dapat diberikan contoh seperti berikut :
Atom C mempunyai nomor atom 6 maka konfigurasi elektronnya adalah 1s2 2s2 2p2 dengan gambar berikut:
Gambar 1. Konfigurasi atom C

Dari susunan tersebut dapat kita ambil pelajaran bahwa dalam satu orbital hanya dapa diisi oleh 2 elektron yang mana bilangan kuantum-nya berbeda, dua elektron tersebut bisa bersama selamanya atau juga dapat berpisah akhirnya jika atom C berikatan dengan atom lain. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa dua elektron tersebut merupakan pasangan dalam satu orbital atom C yang mana kedua elektron itu tidak mempunyai sifat yang persis sama dan serupa tetapi hanya identik artinya sifat keduanya hanya mirip namun berasal dari jenis yang sama yaitu elektron.
Hal ini sama halnya dengan manusia.. manusia mendapatkan pasangan sejenis yaitu sama-sama manusia tapi tak boleh serupa artinya seorang laki-laki tidak boleh berpasangan dengan laki-laki dan juga wanita tak boleh berpasangan dengan wanita karena pasangan yang seperti itu tidak ada tempatnya artinya tidak ada orbital yang mau menerima 2 elektron dengn bilangan kuantum sama. Jadi seperti itulah aturan yang diberikan oleh Allah kepada semua makhluknya di jagad raya ini. Maka sebagai manusia yang percaya adanya Tuhan kita sudah seharusnya mematuhi apapun yang sudah Tuhan takdirkan untuk kita, menerima apa adanya dan mensyukurinya.

KARENA HANYA DENGAN BERSYUKUR, HIDUP KITA MENJADI BAHAGIA DAN BAROKAH ^_^

follow me @qhimahatthoyyib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar