Minggu, Januari 13, 2013

Adanya Sama Dengan Tidak Ada


Assalamu’alaikum sahabat, selamat senja..
                Sahabat, saat membaca judul tulisan ini adakah diantara kita yang merasa tersinggung? Berucap ‘wah ini gue banget deh!’ atau ‘hmm kira-kira apa ya isinya?’ atau ‘hmm kayaknya gue pernah digituin deh!’ atau malah ‘ih biasa aja, sori-sori aja kalo gue sih gak pernah!’. Asal tahu saja ternyata hal seperti judul tersebut memang sudah kodrat alam. Saya baru menyadari berita ini setelah setahun mempelajari dan menempuh pendidikan di Jurusan Kimia FMIPA.
                Hmm begini, pernah baca tulisanku sebelumnya yang berjudul Berpasangan=Identik tapitidak serupa? Sedikit ada hubungannya sih karena yang akan saya bahas di sini adalah tentang elektron dan orbitalnya.. Jadi begini, partikel terkecil yang ada di dunia ini adalah atom. Menurut penelitian ahli, suatu atom terdiri dari 3 unsur yaitu proton, elektron, dan neutron. Satu-satunya unsur yang dapat bergerak dalam atom adalah elektron (muatan negatif) karena dia tidak mempunyai tempat yang jelas dan tetap maksudnya ia dapat berpindah dari orbital yang satu ke orbital yang lain (naik atau turun). Elektron ini berada mengelilingi atom. Contoh real-nya begini, elektron adalah seperti planet-planet yang mengitari matahari (mempunyai orbit tertentu untuk berputar secara teratur) bedanya elektron dapat berpindah orbital artinya dapat semakin mendekat atau menjauh dari inti. Sedangkan matahari seperti proton (muatan positif) dan neutron (tidak bermuatan). Liputan dan keterangan selengkapnya ada di sini dan di sana.
                Dalam ilmu Kimia, orbital dari elektron biasa disebut kulit. Kulit-kulit ini berurutan dari 1, 2, 3 dan seterusnya atau bisa dikatakan K, L, M dan seterusnya. Gambarannya seperti ini :
Gambar 1. Ilustrasi lintasan elektron
Gambar 2. tabel kulit elektron dan bilangan kuantumnya


Misalkan saja unsur C, unsur ini memiliki no.atom 6 maka ia punya 6 elektron jadi pengisian elektron-elektron tersebut adalah seperti pada gambar 3. Sedangkan unsur Mg bernomor atom 12, maka pengisian elektronnya adalah seperti gambar 3 pula. Dari situlah dapat kita ambil pelajaran bahwa pada unsur C seolah-olah ia hanya mempunyai 2 orbital yaitu kulit K dan L serta unsur Mg seolah-olah mempunyai lebih dari 2 orbital, namun kawan yang terjadi sesungguhnya bukan seperti itu. Unsur C dan Mg mempunyai sejumlah kulit atau orbital yang sama namun perbedaannya adalah pada unsur C hanya 2 orbital saja yang terisi elektron dan pada unsur Mg ada 3 orbital yang berisi elektron.

Gambar 3. Konfigurasi elektron pada atom C dan Mg

Dari pernyataan tersebut maka pertanyaannya sekarang adalah kemana orbital-orbital selanjutnya? Nah jawabannya adalah seperti yang sudah saya tulis pada judul di atas. Orbital-orbital lainnya yang tidak terisi bukannya hilang tapi hanya kosong, jadi keberadaannya tidak akan pernah dianggap karena merupakan hal yang tidak penting alias tidak akan termasuk dalam perhitungan atau jawaban untuk penelitian selanjutnya. Maka kawan, perlu diketahui dan diingat apakah kita mau seperti orbital kosong itu yang keberadaannya tidak akan pernah dianggap atau dianggap tidak penting? Tentu tidak bukan.. Jadi mulai sekarang marilah kita menjadi orbital yang berisi, seberapapun isinya karena hakekatnya suatu orbital dapat menampung minimal 2 elektron dan maksimal sesuai tingkat energi orbital tersebut (K=terendah hingga tak higga=tertinggi). MARI BERJUANG BERSAMA! KARENA HIDUP ITU PENUH BANYAK WARNA, MAKA KITALAH YANG MEWARNAINYA.. ^_^


follow me @qhimahatthoyyib
#Kemesraan_Sastra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar