Rabu, Agustus 03, 2011

Hikmah sebuah pertemuan

Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan, itulah senja perpisahan antara pagi dan malam. Saat kau tidur pada malam hari, seringkah kau menunggu datangnya esok hari?? Atau malah berharap esok hari tak terjadi?? Saat Tuhan masih membangunkan kita esok hari, pasti ada sesuatu yang ingin Tuhan tunjukkan pada kita, memberi ilmu baru, pengalaman baru, teman baru, atau apapun itu, tapi tahukah kalian apa yang diberi oleh Tuhan, apa yang ditunjukkanNya pada kita dan apapun itu tidak mungkin tidak memiliki tujuan. Semua telah diatur dengan baik olehNya, dijadwal dengan sangat rapi, tidak akan berantakan meski banyak manusia yang akan mengingkari dan mensiasati.
Setiap pertemuan pasti ada perpisahan tetapi setelah perpisahan, sebuah pertemuan pasti akan terasa lebih bermakna. Tahukah kalian, itulah makna lain dari sebuah surat dari kalam Allah, sesungguhnya bersama kesulitan pasti ada kemudahan. Maka tak perlu bersedih saat kita berpisah dengan seseorang, mungkin saja Tuhan telah mengatur rencana untuk kita dan mempertemukan kita dengan orang lain yang mungkin lebih bermanfaat untuk kita karena pertemuan dan perpisahan antar manusia juga terdapat dalam agendaNya.
Saat suatu hari Tuhan mempertemukan kita dengan seseorang, selalu berusahalah mencari jawaban dari pertanyaan yang selama ini tak pernah kita hiraukan, yaitu “Apa alasan Allah mempertemukan diriku dengan orang-orang ini??” Nah untuk menjawabnya, hal-hal yang harus kita lakukan adalah melakukan percakapan bukan? Untuk mengetahui siapa mereka, ilmu apa saja yang mereka miliki, atau hal apapun yang baik-baik dari mereka karena bukankah manusia yang paling beruntung adalah manusia yang hari ini lebih baik daripada hari kemarin? Maka dari itu, bertukar ilmu ataupun pendapat atau hal-hal yang lain guna memperbaiki diri sangatlah penting.
Saat kita dipertemukan Tuhan dengan seseorang, sebenarnya bukan berarti orang-orang tersebut lebih baik daripada kita ataupun sebaliknya. Maka dari itu, dengan berbagi, bertukar pendapat dan pengalaman akan menambah pengetahuan kita atapun orang-orang yang baru saja kita kenal karena bukankah manusia yang paling baik adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain? Nah, dengan berbagi, bertukar pendapat dan pengalaman dalam hal kebaikan telah membuat kita berguna untuk orang lain.
Jadi, mulailah petualanganmu dengan mengenali dan mengetahui dengan pasti apa dan siapa saja yang ada disekitarmu. Untuk memastikan hal-hal tersebut, maka mulailah dengan percakapan dan seperti yang saya katakan diatas, berbagi, bertukar pendapat dan pengalaman, karena tanpa kepastian semua hanyalah persepsi, opini, pendapat subjektif dan semua itu fana atau dengan kata lain lebih banyak ketidakbenarannya.
Jika anda seorang yang pendiam, saya sarankan untuk memulainya pelan-pelan, satu demi satu, boleh juga lewat sebuah tulisan karena setahu saya saat seseorang mengetahui atau menguasai dan mengetahui dengan detail apapun yang akan diucapkannya maka ia tidak mungkin bisa menahannya dengan mengucapkannya hanya sepotong dan tidak menuntaskannya.
Terakhir, saat kita sedang sendiri dan sedang tidak ada teman untuk bertukar pendapat, maka ungkapkanlah semuanya kepada Tuhan semesta alam Allah SWT, karena Dia lah yang selalu bersama kita setiap waktu, menemani hari-hari kita, melihat dengan teliti apa yang kita lakukan dan selalu lebih dekat dari urat nadi kita.

follow me @qhimahatthoyyib
#Kemesraan_Sastra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar