Rabu, Agustus 03, 2011

3 urusan utama

Sebelumnya saya pernah mengatakan bahwa ada 3 urusan utama manusia dalam menjalani hidup. Masih ingat?—pada tulisan saya berjudul Sempurna itu,,—mari kita bahas lebih lengkap..
Urusan yang pertama adalah urusan pribadi seseorang dengan Tuhannya, kedua adalah urusan pribadi seseorang dengan dirinya sendiri, ketiga adalah urusan seseorang dengan orang-orang disekitarnya atau dengan masyarakat serta lingkungannya. Di dalam Al-qur’an Kalamullah yang mulia dan didukung oleh As-sunnah, semua telah dijelaskan secara rinci oleh Allah Dzat penguasa alam.
Di dalam Al-qur’an, urusan pribadi seseorang dengan Tuhannya dirangkum dalam masalah Aqidah, urusan pribadi seseorang dengan dirinya sendiri dirangkum dalam masalah Akhlaq, makanan, minuman, dan pakaian, kemudian yang terakhir urusan seseorang dengan orang-orang, masayarakat dan lingkungannya dirangkum dalam masalah keluarga, pendidikan, ekonomi, hukum, serta sosial dan budaya. Maka sesungguhnya sangat lengkap bukan isi Kitab Al-qur’an? Namun, sangat banyak sekali saat ini para muslim dan muslimah yang masih hanya menerapkan 2 urusan pertama dan tidak berdasarkan Al-qur’an dalam menjalankan urusan yang terakhir. Maka dari itu, apakah pantas jika kita disebut muslim sejati apabila tidak menerapkan secara sempurna semua urusan tersebut berdasarkan Kalamullah? Tentu saja tidak.
Seseorang dapat dikatakan sebagai muslim sejati apabila semua perilaku dan semua kegiatan yang dilakukan dalam hidupnya berlandaskan 2 sumber hukum utama yaitu Al-qur’an dan As-sunnah. Seorang muslim sejati selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya terutama dalam menjalani urusan ketiga yaitu urusan seseorang dengan orang-orang, masyarakat dan klingkungan sekitarnya. Jadi apabila kita sudah beraqidah dan berakhlaq baik namun belum baik dalam hidup bermasyarakat dan tidak menerapkan aturan islam dalam bermasyarakat, maka kita belum bisa dikatakan sebagai seorang muslim sejati.
Jadi, mari bersama-sama kita terapkan Al-qur’an dan As-sunnah dalam ketiga urusan utama hidup kita..

follow me @qhimahatthoyyib
#Kemesraan_Sastra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar