Minggu, Maret 24, 2013

LIVE REPORT Saat Aku Menjaga Adek-Adek Seperti Adekku Sendiri


Assalamu’alaikum sahabat.. hari ini Ahad, 24 maret 2013 pukul 08.00 seharusnya aku sudah berada di ruang W-103 jurusan Teknik Perkapalan ITS namun kau tahu aku tak berada disana. Sejak satu jam yang lalu aku sudah berada di sini, di depan ruang ini, ruang Teater C ITS demi sesuatu yang benar-benar ingin kulakukan sebenarnya. Sesungguhnya sahabat, hari ini ada dua acara yang ingin kulakukan tapi kau tahu aku hanya seonggok manusia yang hanya bisa berada di satu tempat dan tidak dua. Antara W-103 atau Teater C?? kalau kau jadi aku, kau pilih yang mana?? Berikut keterangan selengkapnya..
MedSchool-Media School-yang diadakan MENKOMINFO BEM ITS sejak hari sabtu lalu bertempat di ruang W-103. Acara ini dihadiri oleh perwakilan ormawa KM ITS baik dari HMJ ataupun LMB. Aku berada di sana mewakili Departemen Dalam Negeri Himpunan Mahasiswa Kimia ITS. Kau tahu sahabat, aku sangat suka dengan acara seperti ini. Acara yang akan meningkatkan kemampuanku dalam bidang jurnalistik yang sangat kusenangi. Acara yang menakjubkan, entah mengapa aku sangat-sangat suka. Apalagi pada hari pertama lalu dalam simulasi jurnalis aku berada di kelompok V dengan 5 orang istimewa yaitu ini, ini, ini, ini, dan ini. Simulasi diadakan setelah materi kedua usai dan berita yang sudah kami buat dapat dibaca di sini. Rangkaian materi hari ke-1 yaitu materi pertama adalah fotografi jurnalistik, materi kedua yakni tulisan jurnalistik dengan pemateri dari Harian KOMPAS dan materi ketiga yakni desain grafis dengan adobe illustrator.
Bermain Belajar
Acara yang seharusnya diikuti dua hari itu hanya kuikuti sehari, pasalnya ada agenda penting lainnya yang harus kukerjakan pada hari kedua MedSchool, hari ahad, alias hari ini. Agenda penting tersebut bertempat di ruang Teater C. Acara ini adalah Seminar Parenting yang mana merupakan rangkaian acara Gebyar Manarul Ilmu-GMAIL. Seminar tersebut ditujukan kepada para orangtua dan umum agar benar dalam mendidik dan mengasuh anak. Orangtua yang hadir dalam acara tersebut diantaranya adalah ibu binaan Badan Pelayanan Umat-BPU JMMI ITS yang memang diundang oleh panitia. Nah, tugas saya dalam acara ini adalah menjaga adek-adek atau anak-anak dari ibu binaan. Pasalnya anak-anak tidak diperkenankan berada di dalam ruang seminar agar tidak mengganggu jalannya seminar. Sehingga adek-adek tetap harus berada di luar ruangan sampai acara seminar tersebut usai.
Bergaya
Tugas menjaga adek-adek menurut saya adalah hal yang sangat berat, untuk beberapa panitia pun hal ini dirasa menjadi hal yang paling berat karena adek-adek kecil yang notabene memerlukan ibu dalam setiap langkah kakinya kali ini harus dijauhkan dari ibunya. Walhasil, kadang kita tidak berhasil membujuk dan merayu mereka untuk ikut bermain namun pula terkadang berhasil merayunya. Acara berlangsung selama 3 jam. Memang bukan waktu yang lama menurut saya, apalagi jika dalam jangka waktu tersebut kita gunakan untuk bermain, mengobrol dengan sesama panitia atau ikut mendengarkan materi seminar. Namun hal itu sungguh terasa lama saat kita harus menjaga adek-adek yang terkadang bisa sangat hiperaktif dan manja, atau malah ada yang menangis karena tidak bertemu ibunya. Dan satu lagi, yang terasa melelahkan adalah saat menenangkan mereka dari kelaparan yang tiba-tiba melanda. Tapi sahabat, sungguh semua panitia yang ada menjalaninya dengan sabar, menjaga adek-adek memang perlu kesabaran yang tinggi rupanya.
Seru-seruan di Danau Matematika
Tahukah kau sahabat, hal yang kupilih hari ini adalah menjadi bagian dari penjaga adek-adek tersebut. Hal ini dikarenakan pertama saya tidak pernah bisa meluangkan waktu untuk mengurus dan menjalankan amanah sebagai panitia GMAIL. Kedua kesempatan memang tidak datang dua kali meski tidak mengikuti hari kedua, hari pertama pun telah menambah ilmu yang kumiliki, memang belum cukup tapi setidaknya aku tahu. Ketiga dan yang terpenting adalah karena saya ingin bertemu adek-adek, membahagiakan mereka, membahagiakan panitia meski belum cukup. Sahabat, andai saja kau tahu, menurutku rasanya membahagiakan orang lain adalah melebihi rasa senang kebahagiaan kita sendiri. Jadi BUATLAH ORANG LAIN BAHAGIA MAKA KAU JUGA AKAN BAHAGIA ^_^


follow me @qhimahatthoyyib

2 komentar:

  1. Nice article...
    2 pilihan udah biasa dalam hidup..
    bisa liat anak2 kecil tertawa, sepertinya lebih membuat bahagia.. :D
    Ini bukan soal tanggung jawab, lebih ke rasa saling berbagi, bukankah manusia harus saling bahu membahu dalam kebaikan??

    kalo soal hari kedua, kita bisa ajarin kamu kok
    wong cuma tentang etiket sama web:D
    SEMANGAT...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke deh kalo gitu, ajari saya yaa tentang etiket dan web, 2 hal itu materi yang belum pernah saya dapatkan. tidak seperti materi hari pertama.. :)


      makasih banyak komentarnya, jadi kapan bisa ngajari saya??

      Hapus