Sabtu, Juli 04, 2015

(Day 17) MENGAPA AL-QUR’AN DITURUNKAN DALAM BAHASA ARAB?



Assalamu’alaikum, sahabat banyak sekali orang-orang yang bertanya mengapa Al-Qur’an diturunkan dalam Bahasa Arab dan bukan bahasa yang lain? Pertanyaan ini tentu saja Allah sudah memprediksinya. Bahkan umat-umat terdahulu telah lebih dahulu mempertanyakan hal yang sama terhadap kitab sucinya. Seperti apa yang telah saya tuliskan dalam (Day 15) PAHALA YANG DIHAPUS OLEH ALLAH bahwa orang-orang yang tidak beriman selalu mencari-cari alasan untuk kabur dari perintah Allah. Demikian pula dengan pertanyaan tersebut. Telah disebutkan di dalam Al-Qur’an surat Fushshilat ayat 44-45 yang artinya:
44. dan Jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?" Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (Rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: "Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka[1334]. mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh".
45. dan Sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa Taurat lalu diperselisihkan tentang Taurat itu. kalau tidak ada keputusan yang telah terdahulu dari Rabb-mu, tentulah orang-orang kafir itu sudah dibinasakan. dan Sesungguhnya mereka terhadap Al Quran benar-benar dalam keragu-raguan yang membingungkan.
[1334] Yang dimaksud suatu kegelapan bagi mereka ialah tidak memberi petunjuk bagi mereka.
Di dalam kitab Asbabun Nuzul yang telah ditulis oleh K.H.Q. Shaleh dan H.A.A. Dahlan, dkk dijelaskan sebab turunnya ayat ini yaitu (diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Sa’id bin Jubair) bahwa orang-orang Quraisy berkata: “Mengapa Al-Qur’an ini tidak diturunkan dalam bahasa ‘ajm (asing) dan bahasa Arab? Maka turunlah ayat ini (44) sebagai jawaban kepada mereka, bahwa walaupun Al-Qur’an ini diturunkan bukan dalam bahasa Arab, pasti mereka akan menolak pula dengan meminta perincian lebih lanjut dengan bahasa ‘ajm dan bahasa Arab. Kemudian turunlah ayat selanjutnya (45) yang menegaskan bahwa apapun yang diturunkan oleh Allah, mereka tetap akan memperselisihkannya sebagaimana terjadi pada Kitab Taurat Musa.
Maka dengan melalui ayat ini Allah menjelaskan bahwa orang-orang yang beriman dan orang-orang kafir ditentukan atas ketaatannya kepada Allah bagaimanapun keadaannya. Bahkan dengan apapun bahasa Al-Qur’an diturunkan. Dengan keadaan apapun Islam diturunkan dan bagaimanapun perintah Allah yang harus dilaksanakan. Semoga kita termasuk ke dalam orang-orang beriman yang patuh kepada perintah Allah apapun dan bagaimanapun keadaannya. Amiinn..

follow me @qhimahatthoyyib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar