Sabtu, Juli 04, 2015

(Day 18) ORANG-ORANG YANG DZOLIM


Sahabat, seringkali kita melihat bahwa di dunia ini sangat mudah sekali orang berputus asa. Ditambah lagi banyaknya berita-berita yang melaporkan perihal bunuh diri. Hal itu bukan hanya terjadi di Negara-negara miskin namun juga terjadi di Negara-negara maju. Jumlah penduduk suatu Negara yang melakukan bunuh diri telah terdata secara menyeluruh oleh WHO. Penyebab kejadian ini bermacam-macam (berdasarkan data WHO tahun 2014). Namun satu hal yang pasti yaitu pelaku bunuh diri telah putus asa terhadap hidupnya sehinggga ingin mengakhiri. Tak dapat dipungkiri, dulu seringkali aku juga berpikir demikian bahkan di beberapa buku catatan harianku beberapa kali aku menuliskan keinginan tersebut ketika mengalami suatu kesulitan dalam hidup.
Ternyata hal ini pun telah disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Isro’ ayat 82-83 yang artinya:
82. dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.
83. dan apabila Kami berikan kesenangan kepada manusia niscaya berpalinglah dia; dan membelakang dengan sikap yang sombong; dan apabila Dia ditimpa kesusahan niscaya Dia berputus asa.
Bahwa orang-orang yang dzolim terhadap Al-Qur’an akan merugi yaitu apabila diberikan kesenangan ia sombong dan apabila ditimpa kesusahan ia berputus asa. Ayat ini kemudian ditegaskan di dalam surat Al-‘Ankabut ayat 20-23 yang artinya:
20. Katakanlah: "Berjalanlah di (muka) bumi, Maka perhatikanlah bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian Allah menjadikannya sekali lagi[1147]. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
21. Allah mengazab siapa yang dikehendaki-Nya, dan memberi rahmat kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan hanya kepada-Nya-lah kamu akan dikembalikan.
22. dan kamu sekali-kali tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di bumi dan tidak (pula) di langit dan sekali-kali Tiadalah bagimu pelindung dan penolong selain Allah.
23. dan orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah dan Pertemuan dengan Dia, mereka putus asa dari rahmat-Ku, dan mereka itu mendapat azab yang pedih.
[1147] Maksudnya: Allah membangkitkan manusia sesudah mati kelak di akhirat
Serta di dalam surat Az-Zumar ayat 53 Allah menegaskan:
53. Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa[1314] semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
[1314] Dalam hubungan ini Lihat surat An Nisa ayat 48 yaitu Allah mengampuni dosa selain Syirik (menyekutukan Allah).
Nah demikian penjelasan mengenai orang-orang yang dzolim terhadap dirinya. Semoga kita semua termasuk ke dalam orang-orang yang beriman yang tidak berputus asa terhadap rahmat Allah. Amiin..

follow me @qhimahatthoyyib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar