Minggu, Juli 05, 2015

(Day 19) DUNIA UNTUK MEREKA DAN AKHIRAT UNTUK KITA



Sahabat, ada suatu kisah dari Sahabat ‘Umar bin al-Khaththab r.a yang diriwayatkan oleh Ibnul Mundzir dari Ikrimah. Suatu hari beliau menghadap kepada Rosulullah SAW yang (kebetulan) sedang tidur di atas tikar pelepah kurma, sehingga bekasnya pun kelihatan pada badan beliau. Kemudian sahabat ‘Umar menangis melihat keadaan itu. Lalu rosulullah bersabda: “Mengapa engkau menangis?” dan sahabat ‘Umar menjawab: “Tuan telah menceritakan kemegahan Kisra (Persia) dan kerajaannya, Hurmuz (Romawi) dan kerajaannya, serta Raja Habasyah dan kerajaannya. Sementara tuan sendiri, ya Rosulullah tidur di atas tikar pelepah kurma.” Kemudian Rosulullah SAW bersabda: “Apakah engkau tidak rida, dunia bagi mereka dan akhirat bagi kita?” Allah menurunkan ayat berikut berkenaan dengan peristiwa tersebut dan menjanjikan kenikmatan di hari akhir.
Sungguh mulia apa yang dikatakan oleh Rosulullah. Benarlah bahwa Allah-lah yang memiliki kerajaan di langit dan di bumi. Berikut terjemahan dari surat Al-Insan ayat 20 yang diturunkan kepada Rosulullah setelah mendengar percakapan di atas: “20. dan apabila kamu melihat di sana (surga), niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar.” Masyaa Allah.. betapa Maha Besar Allah dengan segala rahmat dan karunia yang telah diberikan oleh-Nya di bumi dan di akhirat nanti. Sesuai yang telah dijelaskan oleh Allah dalam surat Al-Mulk ayat 1-3, berikut terjemahannya:
1. Maha suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu,
2. yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,
3. yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, Adakah kamu Lihat sesuatu yang tidak seimbang?
Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya. Wallahu A’lam, semoga kita dapat selalu mengamalkan apa yang telah diperintahkan oleh Allah menjadi orang yang mulia, menjadi orang yang baik amalnya, menjadi orang yang menanti kenikmatan dan kerajaan akhirat. Amiin..

follow me @qhimahatthoyyib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar