Sabtu, Juni 27, 2015

(DAY 10) BERLELAH-LELAH DAHULU BERLEHA-LEHA KEMUDIAN



Sahabat, rasanya tahun ini merupakan tahun terberat bagi kami (angkatan 2011) karena telah berada pada tahun terakhir studi sarjana kami. Semua mahasiswa di setiap universitas pun pasti berpikir demikian. TUGAS AKHIR atau Skirpsi, adalah satu hal yang memberatkan pundak kami. Hal yang harus kami perjuangkan untuk menyelesaikan amanah yang telah kami mulai 4 tahun lalu. Hal yang harus kami selesaikan untuk masa depan yang lebih baik dari ini. Inilah ujian terberat menurut kami.
Benar bahwasannya ujian yang diberikan kepada seseorang adalah sesuai dengan tingkat kemampuannya. Ketika dulu kita masih berada di tingkat SD/MI misalnya, ujian akhir alias UNAS adalah hal terberat bagi kami. Begitu pula ketika SMP/MTs serta SMA/MA, ujian akhir menjadi hal terberat yang kami hadapi. Kini pun berulang demikian, ada hal terberat yang harus kami lalui pada setiap tingkatan. Namun, aku juga belum bisa membayangkan bagaimana nanti kehidupanku kelak karena sudah tentu ada hal terberat yang akan kulalui kala itu. Apa hal yang terberat yang akan diujikan kepadaku nanti? Aku pun belum bisa mengiranya.
Sayangnya, ujian-ujian ini semu adanya. Maksudku begini, bahwa ketika kita telah menyelesaikan ujian-ujian yang telah diberikan kemudian kita akan merasa bahagia bukan? Nah, kebahagiaan di dunia ini (telah disebutkan dalam Al-Qurán) adalah kebahagiaan yang semu. Di dalam Al-Qurán surat Al-Anám ayat 32, surat Al-Ánkabut ayat 64, surat Muhammad ayat 36, dan surat Al-Hadiid ayat 20 dengan jelas dinyatakan bahwasannya dunia adalah tempat bermain dan bersenda gurau. Maka dari itu, ujian apapun yang telah dan akan diberikan kepada kita di dunia ini hanyalah permainan yang seharusnya dapat meningkatkan level kita terutama level keimanan kita untuk mencapai kebahagiaan sejati di akhirat kelak.
Oke, Selamat Berjuang skripsiers~ Di saat-saat sulit seperti ini ada dua potong surat Al-Qur'an yang menghiburku yaitu surat Al-Insyiroh ayat 5-6 dan surat Al-Baqoroh ayat 216. Akhirul kalam, semoga ilmu yang diperoleh barokah dan bermanfaat J

follow me @qhimahatthoyyib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar