Jumat, Juni 24, 2016

Setapak Cahaya: CINTA DAN PENGORBANAN



Ada yang bilang bahwa cinta perlu diperjuangkan. Sedangkan perjuangan memerlukan pengorbanan. Sehingga untuk mendapat cinta diperlukan pengorbanan. Maka, apapun yang kita dapatkan akan bergantung kepada seberapa besar pengorbanan yang kita lakukan. Pun dalam beragama juga demikian. Seorang yang mengaku cinta kepada Allah dan Rosul-Nya dengan semurni-murni cinta akan rela mengorbankan apa saja demi mendapatkan yang ia inginkan.
Terdapat salah satu kisah ketika perang Ahzab (diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq dari Ma’mar yang bersumber dari Qatadah) bahwa Rosulullah SAW mendapat berbagai kesulitan yang sangat hebat dan kepungan musuh yang sangat ketat. Sehingga turunlah ayat 214 pada surat Al-Baqoroh yang artinya: 214. Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, Padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu Amat dekat.
Ayat tersebut menunjukkan bahwa perjuangan memerlukan pengorbanan. Ya, layaknya seorang yang mengaku cinta, menghamba kepada pemiliknya, ia akan lakukan segalanya demi mendapatkan perhatian dari cintanya. Semoga kita semua tidak meninggalkan Islam dan tetap yakin kepada Allah meski berbagai ujian dan cobaan menimpa kita. Amiin~


follow me @qhimahatthoyyib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar