Kamis, Juni 23, 2016

Setapak Cahaya: YANG SANGAT DEKAT



Assalamu’alaikum sahabat, kemarin keluarga besar kakak angkatan saya berduka. Ya, salah satu dari mereka meninggal begitu saja. Lagi, hal ini mengingatkan kita semua bahwa kematian datang tidak peduli usia dan keadaan kita. Benar kata Imam Syafi’i bahwa hal yang dekat adalah kematian dan yang berat adalah amanah. Amanah bukan hanya jabatan dan kedudukan semata. Amanah adalah hal yang lebih besar dari itu. Pada dasarnya, kehidupan kita, kelahiran kita, dan apapun yang terdapat pada diri kita, keluarga yang kita miliki, semuanya adalah amanah. Terkait dengan amanah, sahabat bisa melihat kembali tulisan tahun lalu (Day 11), (Day 12), dan (Day 14). Dengan demikian, hidayah Islam yang kita miliki juga merupakan amanah. Sahabat mungkin masih ingat pembahasan lalu terkait sekelompok orang yang menggantikan orang yang tidak amanah dalam berislam pada tulisan Setapak Cahaya: Tergantikan atau Menggantikan. Oleh karena itu, jangan sampai amanah yang telah diberikan Allah kepada kita ini kita sia-siakan. Kita harus menjaganya dengan sangat baik dan memperlakukannya dengan bijaksana. Hidayah Islam adalah sesuatu yang amat mahal harganya. Bahwa kelak Allah akan menambah kenikmatannya bagi siapa saja yang menjaganya dengan sebaik-baiknya penjagaan. Maka dari itu, hingga sewaktu-waktu kematian datang menjemput kita, janganlah kita meninggalkan Islam apapun alasannya.
Demikian untuk mengakhiri tulisan ini mari kita lihat terjemah surat Al-Baqoroh ayat 132 dan surat Ali ‘Imron ayat 101-102 berikut:
2:132. dan Ibrahim telah Mewasiatkan Ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya'qub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, Maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam".
3:101. Bagaimanakah kamu (sampai) menjadi kafir, Padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu, dan Rasul-Nya pun berada di tengah-tengah kamu? Barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah, Maka Sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.
3:102. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam Keadaan beragama Islam.


follow me @qhimahatthoyyib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar